Plyometrik training

25 03 2010

Plyometrik adalah suatu metode latihan yang digunakan untuk meningkatkan daya ledak otot dengan bentuk kombinasi latihan isometrik dan isotonic (eksentrik-konsentrik) yang mempergunakan pembebanan dinamik. Regangan yang terjadi secara mendadak sebelum otot berkontraksi kembali atau suatu latihan yang memungkinkan otot-otot untuk mencapai kekuatan maksimal dalam waktu yang sesingkat mungkin.

Konsep latihan plyometrik menggunakan regangan awal pada otot secara cepat sebelum kontraksi eksentrik pada otot yang sama. Radcliffe dan Farentinos membagi latihan plyometrik dalam tiga kelompok, yaitu:

  1. Latihan untuk anggota gerak bawah (pinggul dan tungkai)
  2. Latihan untuk batang tubuh
  3. Latihan untuk anggota gerak atas.

Bentuk-bentuk latihan plyometrik begitu beragam diantaranya adalah dengan menggunakan satu atau dua kaki sebagai tumpuan, contoh:

  1. Latihan plyometrik dengan one legged reactive jumps over boxes
  2. Latihan plyometrik dengan reactive jump from a high box

Istilah dalam latihan plyometrik ada berbagai macam dan bervariasi, tetapi ada dua faktor yang terpenting yaitu:

  1. Bersambung elastisitas otot, dimana termasuk diantara tendon dan karakteristik jembatan silang pada aktin dan miosin yang menutupi serabut otot
  2. 3

    Sensor dalam otot spindle (prioceptors) dalam perannya saat sebelum terjadi regangan otot dan masukan sensori dihubungkan ke peregangan otot cepat untuk bergerak yaitu disebut ‘stretch reflek’.

Elastisitas otot adalah salah satu faktor penting dalam pengertian bagaimana siklus pendek dapat lebih menghasilkan daya ledak dari sebuah konsentri sederhana kontraksi otot. Pada saat melompat, otot dapat dengan cepat menyimpan tegangan yang dihasilkan pada peregangan cepat, jadi mereka memiliki sebuah bentuk pada energi elastik potensial. Seperti yang kita lihat pada pita karet, bilamana terjadi peregangan, di sini keberadaan potensi untuk kembali dengan cepat ke panjang aslinya.

Stretch reflek adalah mekanisme dari integral ke siklus peregangan pendek. Sebuah contoh umum pada stretch reflek adalah hentakan yang terjadi pada lutut yang ditekuk ketika diketuk menggunakan palu karet. Peregangan dapat dirasakan saat otot quadriceps yang mengkerut akibat respon tersebut.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: