PENGATURAN KONDUKSI PANAS OLEH SYSTEM SARAF SIMPATIS PADA TUBUH

2 06 2010

Konduksi panas ke kulit diatur oleh tingkat vasokonstriksi arteriol dan anstomosis arterivenosa yang menyuplai darah ke pleksus venosa kulit, selanjutnya proses vasokonstriksi ini hampir seluruhnya diatur oleh system saraf sympatis dalam memberikan respon terhadap suhu yang inti tubuh dan perubahan suhu lingkungan .

HILANGNYA PANAS DARI PERMUKAAN KULIT BERDASARKAN TEORI FISIKA DASAR

Radiasi

Kehilangan panas melalui radiasi berarti kehilangan dalam bentuk gelombang infra merah, suatu jenis gelombang elektromagnetik. Sebagian besar gelombang yang memancar dari tubuh memiliki gelombang sebesar 5 sampai 20 mikrometer, 10 sampai 30 kali panjang gelombang cahaya. Semua benda yang tidak pada suhu nol absolute memancarkan gelombang seperti gelombang tersebut. Tubuh manusia memancarkan gelombang panas ke segala penjuru. Gelombang panas juga dipancarkan dari dinding dan benda-benda lain ketubuh. Bila suhu tubuh lebih besar dari suhu lingkungan, kuantitas yang lebih besar dipancarkan keluar dari tubuh lebih besar dari yang dipancarkan ketubuh.

Konduksi

Kehilangan panas melalui konduksi berarti hilangnya panas dari dalam tubuh melalui perantara benda yang menempel dengan tubuh, seperti kursi atau tempat tidur. tubuh mengkonduksikan panas dengan perantara benda-benda tersebut, sehingga panas tubuh menjadi berkurang. Sekitar setengah dari panas tubuh dipindahkan dari kulit ke pakaian melalui radiasi, bukan dipancarkan melalui konduksi melewati ruang kecil. Bagian dalam pakaian yang dilapisi dengan lapisan emas tipis dapat memantulkan panas kembali kepada tubuh, sehingga kehilangan panas dapat diminamilisir, bila teknik ini digunakan oleh orang kutub mereka akan lebih efektif karena bebannya yang ringan dibandingkan dengan pakaian penghangat mereka selama ini.

Keefektifan pakaian dalam mempertahankan panas tubuh mejadi berkurang atau hampir hilang seluruhnya bila pakaian tersebut basah, karena air yang membasahi pakaian menjadi faktor konduktor tercepat sebagai media hilangnya panas dari tubuh.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: